Wariskan Tradisi Menulis pada Generasi

By Redaksi 09 Jul 2018, 05:28:38 WIB Sastera
Wariskan Tradisi Menulis pada Generasi

WPdotCOM -- Kata orang, Anda akan dapat melihat kilas balik hidup Anda di detik-detik terakhir menjelang kematian. Seluruh masa lalu Anda ditayangkan ulang di depan mata Anda sampai ajal menjemput. Benarkah?

Para peneliti mengatakan bahwa fenomena kilas balik saat Anda hampir mati tersebut bisa disebabkan oleh bagian otak yang menyimpan ingatan seperti prefrontal, medial temporal, dan korteks parietal. Tiga wilayah otak ini tidak rentan terhadap penyusutan asupun oksigen dan kehilangan darah selama cedera serius, yang berarti pengolahan ingatan adalah salah satu fungsi otak yang terakhir mati. Hal ini menunjukkan bahwa peragaan ulang dari kisah hidup terjadi dalam sistem kognitif, yang mungkin akan lebih diperjelas saat otak berada dalam kondisi stres fisik dan psikologis yang ekstrim.

Dengan kata lain, ketika kenangan masa lalu Anda diputar ulang di depan mata, Anda sebenarnya bukan bereaksi karena ketakutan terhadap ancaman kematian dan berupaya sekeras mungkin untuk berpegangan pada sisa-sisa terakhir kehidupan. itu hanyalah versi yang lebih ekstrim dan pekat dari proses penarikan ingatan yang biasa Anda lakukan setiap hari selama hidup. Dengan demikian, kilas balik memori menjelang detik-detik kematian sebenarnya adalah hal yang bisa terjadi pada banyak orang.

Narasi: Santy Fidrianna (disadur dari sumber hellosehat.com)

Quote: Nova Indra

Gambar: Google Image

Desain: Santy Fidrianna




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment